Tuan Rumah Rapimnas ISMKMI XI, STIKes Al Insyirah Pekanbaru Gelar Seminar Kesehatan Nasional

Posted on: October 6, 2019, by :

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Al Insyirah Pekanbaru menjadi tuan rumah Rapat Pimpinan Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) ke-11.

Pembukaan Rapimnas diawali dengan Seminar Kesehatan Nasional yang digelar di Hotel Labersa, Sabtu (5/10/2019).

Seminar nasional bertajuk “Evaluasi dan Peran Tenaga Kesehatan dalam Global Health Mengenai Isu Climate Change”.

Seminar menghadirkan pembicara, antara lain Kepala Bidang Pengembangan Karir dan Tata Kelola Sertifikasi, Pusat Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan (PPSDM) Kesehatan, Sidin Hariyanto.

Kemudian, Kepala Pokja Edukasi dan Sosialisasi Badan Restorasi Gambut (BRG), Suwignya Utama serta Konsultan Lingkungan, Saiful Bahri. Acara dibuka dan diresmikan oleh Staf Ahli Gubernur Riau, Jhoni Irwan mewakili Gubernur Riau, Syamsuar.

Sekjen ISMKMI, Ahmad Syauqi mengungkapkan, climate change merupakan isu global yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, ISMKMI ingin berkontribusi menyikapinya secara kelembagaan.

“Melalui kesiagaan bencana, ISMKMI juga ikut membantu penanggulangan bencana bersama lintas sektor,” kata Ahmad Syauqi yang juga Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Makassar.

Ketua STIKes Al Insyirah, Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S.Kep., M.Biomed mengungkapkan, perubahan iklim begitu santer diperbincangkan.

Perubahan iklim ikut mempengaruhi kesehatan masyarakat, oleh karenanya, perlu pemahaman tentang peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam perspektif kesehatan dalam perubahan iklim.

Rifa menjelaskan, pada Rapimnas ISMKMI sebelumnya, perubahan iklim disepakati menjadi perhatian serius.

Menurut dia, Riau dengan berbagai fenomena yang dimilikinya cocok dengan pembahasan perubahan iklim.

Sehingga Riau disepakati menjadi tuan rumah gelaran ini.

“Di Riau banyak fenomena seperti fenomena gambut, fenomena asap. Inilah yang coba kita informasikan bersama,” jelas Rifa.

Isu-isu strategis mengenai perubahan iklim dan kaitannya dengan kesehatan akan dibahas selama Rapimnas. Hasil pembahasan kemudian diterjemahkan dalam bentuk program.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Riau, Jhoni Irwan dalam sambutan Gubernur Riau, Syamsuar, menyambut baik kegiatan ini. Menurut dia, perbaikan derajat kesehatan memerlukan strategi menyeluruh, merata dan terintegrasi.

Jhoni berharap, ISMKMI ikut membantu pemerintah dalam memasyarakatkan paradigma hidup sehat.

Ia mengemukakan, ISMKMI merupakan wadah untuk membentuk SDM yang berkompeten di era globalisasi.

“Bidang kesehatan menjadi program strategis pemerintah yang memerlukan SDM handal dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0,” kata Jhoni.

SDM menjadi faktor utama dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

Ketua Panitia, Tarbiyah Nurjanah menyebutkan, Rapimnas diikuti 60 orang delegasi dari 35 sekolah tinggi dan universitas kesehatan masyarakat.

Mahasiswi Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Al Insyirah ini menyebutkan, Rapimnas yang akan berlangsung hingga 9 Oktober ini diisi dengan berbagai kegiatan.

Antara lain, Al Insyirah Public Health Competition, Advance Training of Public Health dan Touring. “Rapimnas akan diakhiri dengan City Tour ke Istana Siak,” katanya. (‎tribunpekanbaru.com / Fernando Sihombing)

Sumber : https://pekanbaru.tribunnews.com/2019/10/05/tuan-rumah-rapimnas-ismkmi-xi-stikes-al-insyirah-pekanbaru-gelar-seminar-kesehatan-nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.