STIKes Al Insyirah Pekanbaru Melaksanakan Kegiatan Launching Program Studi S1 Pendidikan Profesi Bidan

Posted on: May 24, 2021, by :

PEKANBARU- Sabtu (22/05/2021) STIKes Al Insyirah Pekanbaru melaksanakan kegiatan Launching Program Studi S1 Pendidikan Profesi Bidan sekaligus Seminar Kebidanan. Kegiatan yang dilakukan secara online dan offline tersebut dihadiri oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau serta beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pekanbaru.

Acara yang berlangsung sejak pagi tersebut dimulai dengan sambutan Ketua STIKes Al Insyirah Pekanbaru, Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S. Kep, M.Biomed. Dalam sambutannya,  Ketua STIKes Al Insyirah Pekanbaru menyampaikan rasa syukur atas izin yang diterima untuk membentuk program studi baru ini.

“Alhamdulillah, menapaki tahun 2021 ini, STIKes Al Insyirah Pekanbaru diizinkan oleh Kemendikti untuk menahkodai satu program studi baru yakni Program Studi S1 Pendidikan Profesi Bidan” ungkap Dr. Rifa.

Sebelumnya, diakhir tahun 2020 lalu, Ketua STIKes Al Insyirah Pekanbaru langsung menerima Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah X, tentang izin untuk membuka program studi baru.

“Salah satu misi yang dibangun melalui Program Studi S1 Pendidikan Profesi Bidan adalah menaikkan khazanah melayu di Kota Pekanbaru, salah satu pencapaian misi tersebut Alhamdulillah mendapatkan dukungan dari LAM Provinsi Riau” ujar Ketua STIKes Al Insyirah Pekanbaru.

Selanjutnya, Dr. Rifa juga menyampaikan terimakasih atas dukungan dari Lembaga Adat Melayu serta SMA/MA sederajat.

“Harapannya dukungan yang baik dari LAM dan SMA/MA sederajat ini terus berkesinambungan sehingga menjadi kebaikan untuk kita bersama” tutup Dr. Rifa.

Dalam acara yang sama juga dilakukan penandatanganan MoU antara STIKes Al Insyirah Pekanbaru dengan LAM serta dua SMA yang ada di Kota Pekanbaru.

Keberadaan Sekolah Tinggi Kesehatan atau Instansi pendidikan kesehatan di Provinsi Riau belum ada yang memfokuskan kurikulum pendidikannya pada nuansa melayu, sehingga dalam sambutan Dewan Pimpinan Harian LAM Provinsi Riau yang diwakili oleh sekretaris umum LAM, Datuk Muhammad Nasir Penyalai memberikan apresiasi kepada STIKes al Insyirah Pekanbaru atas inovasi pendidikan berbasis khazanah melayu dalam program studi S1 Pendidikan Profesi Bidan.

Lebih lanjut, LAM juga menyatakan kesiapannya dalam memberikan kontribusi pemikiran untuk mewujudkan lulusan kebidanan di STIKes Al Insyirah Pekanbaru yang memiliki khazanah melayu.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan Visi dan Misi Program Studi S1 Pendidikan Profesi Bidan oleh Ketua Program Studi Meirita Herawati, M.Tr.Keb.

Setelah prosesi Launching dilakukan, kemudian dilanjutkan acara seminar kebidanan secara online dengan tema : Cemerlang dalam kualitas Mutu Tenaga Bidan melalui Jenjang Pendidikan Profesi Bidan, dengan pemateri Sih Rini Handajani, M.Mid.

Meski kegiatan tersebut dilaksanakan secara terbatas, namun tercatat lebih dari 400 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut secara online, sementara para tamu yang hadir secara offline diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

Laporan : Unit. Humas & Protokoler STIKes Al Insyirah Pekanbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.