Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Gelar PKKMB. Mahasiswa Baru Didorong Berpikir Kritis

Posted on: September 9, 2019, by :

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Sebanyak 358 orang mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Al-Insyirah Pekanbaru mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2019-2020.

Kegiatan digelar selama 4 hari, terhitung mulai tanggal 7 September sampai 10 September 2019.

Pembukaan kegiatan PKKMB ini dilaksanakan bertempat di salah satu hotel di Kota Bertuah, pada Sabtu (7/9/2019).

Ketua Stikes Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Ns. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed mengatakan, pelaksanaan PKKMB merupakan amanat perguruan tinggi.

“Bahwa semua perguruan tinggi berkesempatan dan wajib melaksanakan kegiatan PKKMB. Ini juga bentuk persiapan perguruan tinggi untuk mencetak generasi baru. Mulai dari mereka mulai masuk dunia perkuliahan, mendapatkan pendidikan sampai nanti di dunia kerja,” kata Rifa.

Dia melanjutkan, momen awal sebelum masuk dunia kampus seperti ini, memang sangat diperlukan bagi mahasiswa baru yang berasal dari 12 Kabupaten dan kota se-Riau ini.

Diharapkan lewat kegiatan ini, bisa membentuk karakter mereka.

Agar cinta Pancasila, cinta tanah air, dan mampu melaksanakan amanat Undang-undang 1945.

“Dalam kegiatan mahasiswa baru akan mendapatkan materi tentang pengenalan seluk beluk kampus, dosen, dan mata kuliah. Baik untuk Program Studi D4 Kebidanan, S1 Keperawatan Program Profesi Ners, S1 Kesehatan Masyarakat, dan Program Studi baru Sarjana Terapan Elektro Medis,” tuturnya.

“Kita juga ingin mereka mampu berpikir kritis untuk bisa menjalani pendidikan dengan baik selama lebih kurang 4 tahun. Bisa lulus dengan hasil terbaik dan berguna bagi masyarakat Riau pada umumnya, dan Pekanbaru pada khususnya,” sambung dia lagi.

Sementara itu terpisah, Ketua Panitia Pelaksana PKKMB Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Ns. Ahmad Redho, M.Kep memaparkan, rangkaian kegiatannya sangat beragam.

“Kegiatan dalam rangka menunjang proses selanjutnya, supaya mereka punya gambaran ke depan akan seperti apa. Setelah pembukaan ini, PKKMB akan dilaksanakan di kampus. Dengan turut melibatkan Ketua Prodi masing-masing, dosen, dan organisasi kampus,” sebutnya.

Dibeberkannya, selain mumpuni dalam aspek pendidikan, para mahasiswa ini diharapkan juga matang secara spiritual.

Itulah sebabnya, pihak kampus turut menyertakan program Emotional Spiritual Quotient (ESQ).

“Jadi bisa seimbang antara intelektual dan spiritualnya. Sesuai dengan visi misi Stikes Al-Insyirah, membentuk mahasiswa yang berkarakter, cerdas dan bertaqwa,” pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Sumber: https://pekanbaru.tribunnews.com/2019/09/07/stikes-al-insyirah-pekanbaru-gelar-pkkmb-mahasiswa-baru-didorong-berpikir-kritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.