Stikes Al Insyirah Pekanbaru Gelar Kuliah Pakar Untuk Tingkatkan Mutu dan Kualitas Mahasiswa

Posted on: March 9, 2020, by :

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Menjawab tantangan yang semakin kompleks dalam dunia kesehatan, STIKes Al Insyirah Pekanbaru berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas dari para mahasiswanya.

Salah satunya lewat kegiatan Kuliah Pakar, yang digelar selama satu hari, pada Sabtu (7/3/2020).

Kegiatan berlokasi di Prime Park Hotel Pekanbaru, di Jalan Jenderal Sudirman.

Setidaknya ada tiga orang pemateri handal dan berkompeten di bidangnya yang dihadirkan dalam kegiatan ini.

Di antaranya yang pertama, Yuyun Widyaningsih, S.Kp, MKM, Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan dan Kemitraan, Pusdik SDM Kesehatan Kemenkes RI. Tema yang diambil yakni Mewujudkan Nusantara Sehat Melalui Generasi Berkualitas.

Pemateri kedua, yaitu dr. H. Misri Hasanto, M.Kes, selaku Kepala Dinas Kepulauan Meranti. Dia membahas tentang Motivasi Kecerdasan Bagi Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan Kesehatan.

Terakhir, ada sang motivator, Dr. Rizaldi Putra, MBA. Dalam hal ini dia membahas tentang Kebebasan Berapresiasi dalam Mewujudkan Kemampuan Diri Secara Profesional.

Ketua Stikes Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Ns. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed menjelaskan, kegiatan Kuliah Pakar ini menjadi bagian dari pengembangan program akademik berbasis inovasi.

“Kuliah pakar ini adalah program akademik yang setiap tahun dilakukan, terutama bagi mahasiswa D IV Kebidanan, S1 Keperawatan Program Profesi Ners, S1 Kesehatan Masyarakat dan Elektromedis,” katanya.

Lanjut Rifa, karena para mahasiswa perdana memasuki kampus, maka orientasi yang mereka terima adalah pendidikan, pengajaran berbasis inovasi, yakni lewat kegiatan kuliah kepakaran.

“Kuliah Pakar kali ini mengambil tema profesionalitas di bidang mereka masing-masing, kita berharap mereka (mahasiswa) mampu berapresiasi secara mandiri, itu paling penting. Juga mendedikasikan ilmunya kepada dirinya, keluarganya, dan masyarakat luas,” papar Rifa.

“Makanya tema ini dibuat supaya betul-betul mahasiswanya bisa mandiri, berinovasi dan berdedikasi. Tuntutan masyarakat sekarang terkait tenaga kesehatan itu sangat banyak, tuntutan itu yang perlu kita imbangi dengan profesionalitas kerja,” sambung dia lagi.

Rifa menambahkan, dukungan yayasan untuk terselenggaranya acara ini sangat kuat. Sehingga semuanya bisa berjalan lancar.

Sementara itu, Ketua Panitia Kuliah Pakar, Rika Mianna, M.Kes memaparkan, persiapan untuk kegiatan ini, sudah dilakukan sejak satu bulan belakangan.

Para pesertanya datang dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Bumi Lancang Kuning.

“Pesertanya sekitar 349 orang, datang dari seluruh Kabupaten dan Kota di Riau,” terangnya.

Rika berharap, kegiatan ini mampu menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat dan ada inovasi yang akan dilakukan ke depan.

“Ini guna meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia, khususnya di Provinsi Riau. Kita ingin para mahasiswa bisa profesional, serta bebas untuk berapresiasi dan berdedikasi,” tutupnya. (Tribunpekanbaru.com / Rizky Armanda).

Penulis: Rizky Armanda
Editor: rinalsagita
Sumber: https://pekanbaru.tribunnews.com/2020/03/07/stikes-al-insyirah-pekanbaru-gelar-kuliah-pakar-untuk-tingkatkan-mutu-dan-kualitas-mahasiswa?page=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.