PENGABDIAN MASYARAKAT Program Studi Teknologi Rekayasa Elektromedis Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Di SMK Perpajakan Riau

Posted on: December 18, 2019, by :

Dosen-dosen Program Studi Elektromedis STIKes Al Insyirah Pekanbaru melaksanakan salah satu dari kewajiban utama tri darma perguruan Tinggi yakni kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk seluruh siswa dan siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Perpajakan Riau pada tanggal 27 November 2019. Tema dan aktivitas dari PkM ini antara lain Sosialisasi Revolusi Industri 4.0 dan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android.
Melalui tema Revolusi industri 4.0 ini, diharapkan siswa dan siswi di jurusan TKJ SMK Perpajakan bisa lebih mengenal perkembangan Teknologi, Profesi apa saja yang akan hilang dan tumbuh, serta skill dan kemampuan yang perlu mereka kuasai yang secara langsung akan berkaitan dengan Profesi yang akan mereka pilih dan jalani di masa depan.
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan penyampaian sosialisasi tentang revolusi industri 4.0 oleh Yeni Pertiwi, M.Si. kemudian dilanjutkan dengan permainan dan quiz interaktif oleh Rino Ferdian Surakusumah, M.Eng.
Salah satu skill yang diperlukan dalam Revolusi Industri 4.0 adalah skill mendesain dan membuat aplikasi berbasis android yang sudah lumrah masyarakat gunakan pada smartphone. Oleh karena itu, melalui bimbingan Kamal Mahmudi, M.T. dan Nur Hadziqoh, M.Si., diharapkan juga melalui kegiatan pelatihan Pembuatan Aplikasi berbasis android ini, siswa-siswi jurusan TKJ SMK Perpajakan juga dapat membuat dan mengembangkan sendiri aplikasi Android sesuai kreatifitas mereka.
Ketua Jurusan TKJ, Ibu Nia Ramatisya mengatakan bahwa sosialisasi revolusi industri 4.0 memang sangat dibutuhkan oleh para siswa, dikarenakan kebanyakan dari siswa kami masih bingung akan lanjut ke industri mana setelah mereka lulus SMK, setelah itu beliau juga mengatakan sangat tertarik dengan metode pelaksanaan kuis yang diberikan. Para siswa terlihat sangat antusias ketika kuis dilaksanakan, sehingga hal ini akan menjadi motivasi yang besar bagi siswa agar lebih memahami materi yang dijelaskan. Dan beliau juga berharap metode pelaksanaan kuis ini juga bisa diterapkan oleh guru guru yang lain.
Kepala Sekolah SMK Perpajakan menyambut baik kegiatan ini dan berharap kerjasama ini dapat berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.