Pengabdian Masyarakat Dosen dan mahasiswa STIKES Al Insyirah Pekanbaru di Desa Lubuk Siam

Posted on: February 22, 2021, by :

KAMPAR (19/02/2021) Dalam upaya mengedukasi dan memberikan pendampingan kesehatan kepada masyarakat, Program studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Al Insyirah Pekanbaru mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan program kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Binaan Program Studi Kesehatan Masyarakat yaitu Desa Lubuk Siam, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua STIKES Al Insyirah Pekanbaru Dr. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed ini, diikuti oleh dosen dan mahasiswa peminatan kesehatan lingkungan. Dengan mengusung tema  edukasi dan praktek pengolahan sampah organik dan non organik serta pengolahan air bersih, diharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran lingkungan yang sehat kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Dr. Rifa menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Desa Lubuk Siam atas dukungannya dalam kegiatan ini. “Terimakasih kami sampaikan kepada pemerintah Desa Lubuk Siam dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini” ungkap beliau diawal sambutan.

Selanjutnya, Dr. Rifa juga berharap kepada para Mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian ini untuk bisa memberikan edukasi dan pendampingan terkait kesehatan yang baik dan benar kepada masyarakat “kepada para mahasiswa, kami berharap untuk bisa mengaplikasikan keilmuannya dalam kegiatan pengabdian ini kepada masyarakat” ujarnya.

Diakhir kata sambutannya Ketua STIKes Al Insyirah juga membuka secara resmi kegiatan pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil ketua bidang Akademik dan Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat beserta para dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini. Sementara itu dari pemerintah Desa Lubuk Siam juga hadir Kepala Desa Lubuk Siam yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa Ibu Sartika S.Pd.

Dalam sambutannya, Ibu Sartika menyampaikan terimakasih kepada STIKes Al Insyirah yang selalu melibatkan masyarakat Desa Lubuk Siam dalam kegiatan kemasyarakatannya, ia juga berharap kegiatan serupa dapat berlanjut dikemudian hari.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan terus menerus dan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini agar lebih fokus menggali ilmu dan belajar kepada bapak ibu dosen serta mahasiswa yang melakukan pengabdian ini” ujarnya diakhir sambutan.

Diakhir acara pembukaan tersebut STIKes Al Insyirah Pekanbaru juga menyerahkan 8  unit tempat sampah yang dapat dipergunakan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Setelah itu para dosen dan mahasiswa langsung melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi dan praktek pengolahan sampah dan pengolahan air bersih kepada masyarakat.

Meski kegiatan ini hanya berlangsung selama 1 hari, namun masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.