Lembaga
LPMPT
STRUKTUR ORGANISASI PENJAMIN MUTU 2017 – 2021
Ketua STIKes Al Insyirah Pekanbaru
Ketua LPMPT
PMPS Keperawatan
PMPS Kebidanan
PMPS Kesehatan Masyarakat
PMPS Teknologi Elektromedis
A. SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)
STIKes Al Insyirah Pekanbaru telah memiliki dokumen terkait penjaminan mutu yang terdiri dari:
1. Buku Kebijakan
Seluruh sivitas akademika STIKes Al Insyirah berkeyakinan bahwa SPMI bertujuan untuk :
· Menjamin bahwa setiap layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa dilakukan sesuai Standar SPMI STIKes yang telah ditetapkan, sehingga apabila diketahui bahwa terjadi penyimpangan Standar SPMI akan segera dilakukan koreksi
· Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas publik, khususnya kepada orang tua/wali mahasiswa, tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan Standar SPMI yang telah ditetapkan
· Mengajak semua pihak untuk bekerja mencapai tujuan berdasarkan Standar SPMI dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu
Model Manajemen implementasi STIKes Al Insyirah dirancang, dilaksanakan, dan ditingkatkan mutunya berkelanjutan dengan berdasarkan pada model Penetapan,pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, peningkatan (PPEPP).
2. Buku Manual
Buku ini berisikan seluruh standar pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta standar tambahan yang telah ditetapkan oleh STIKes yang terdiri seluruh proses Penetapan,pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, peningkatan (PPEPP)
3. Buku Standar
STIKes Al Insyirah pekanbaru memiliki standar wajib yang berdasarkan SNDIKTI yang berjumlah 24 standar yang cakupan terdiri dari:
Standar Pendidikan
1. Standar Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi Pembelajaran
3. Standar Proses Pembelajaran
4. Standar Penilaian Pembelajaran
5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
8. Standar Pembiayaan Pembelajaran
Standar Penelitian
1. Standar Hasil Penelitian
2. Standar Isi Penelitian
3. Standar Proses Penelitian
4. Standar Penilaian Penelitian
5. Standar Peneliti
6. Standar Sarana dan Prasarana Penelitian
7. Standar Pengelolaan Penelitian
8. Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian
Standar Pengabdian Kepada masyarakat
1. Standar Hasil Pengabdian kepada masyarakat
2. Standar Isi Pengabdian kepada masyarakat
3. Standar Proses Pengabdian kepada masyarakat
4. Standar Penilaian Pengabdian kepada masyarakat
5. Standar Pelaksana Pengabdian kepada masyarakat
6. Standar Sarana dan Prasarana Pengabdian kepada masyarakat
7. Standar Pengelolaan Pengabdian kepada masyarakat
8. Standar Pendanaan dan Pembiayaan Pengabdian kepada masyarakat
Standar Tambahan yang ditetapkan oleh STIKes Al Insyirah pekanbaru
1. Standar Audit Mutu Internal (AMI)
2. Standar Kebersihan
3. Standar Kerjasama
4. Standar Penerimaan Mahasiswa Baru
5. Standar Kemahasiswaan
6. Standar Studi Lanjut Dosen dan Tenaga Kependidikan
7. Standar Kinerja Dosen
8. Standar Dosen dan tenaga kependidikan berprestasi
9. Standar Keamanan
10. Standar Laboratorium Kesehatan
11. Standar Penerimaan Dosen dan Tenaga Kependidikan
12. Standar Perpustakaan
13. Standar Tracer Study
14. Standar Ujian Akhir Semester
15. Standar Tugas Akhir
16. Standar Layanan Kesehatan
17. Standar Program Kreavitas Mahasiswa (PKM)
18. Standar Visi Misi Sasaran dan Tujuan (VMST)
19. Standar Tata kelola
B. PENJAMINAN MUTU EKSTERNAL
Penjaminan mutu manajemen telah menerapkan ISO 9001:2015 dalam hal ini proses kontrol dilakukan oleh pihak eksternal yaitu TUV NORD Indonesia. Disamping itu proses audit pada sistem ini dilakukan oleh seluruh sivitas yang telah mendapatkan sertifikat audit yang diperoleh dari pihak eksternal dan secara berkelanjutan dilakukan Rapat Tinjauan Manajemen . Surveilans auditor dilakukan secara berkala dilakukan oleh pihak TUV NORD Indonesia. Seluruh Standar Operasioanal Prosedur (SOP) telah diatir oleh ISO 9001: 2015
C. MONITORING DAN EVALUASI ( MONEV)
STIKes Al Insyirah dalam melakukan kontrol pada masing-masing unit dilakukan secara berkala oleh LPMPT dan Penjaminan mutu setiap program Studi
D. AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)
Pelaksanaan Audit mutu internal (AMI) dilakukan oleh Tim Auditor yang telah ditunjuk langsung oleh Ketua STIKes. Kegiatan ini dilakuakn secara berkala terhadap unit-unit yanga ada di lingkungan STIKes Al Insyirah Pekanbaru.
E. Standar Operasional Prosedur ( SOP)
1. 01.0T/VM/AI tentang Visi Misi
2. 01.OT/KM/AI tentang Kebijakan Mutu
3. 01.OT/SM/AI tentang Sasaran Mutu
4. 01. OT/PPSM/AI tentang Pencapaian Sasaran Mutu
5. 01.OT.FM.AI tentang Isu-isu Internal dan Eksternal
6. 01.OT/MI/AI tentang Manual ISO 9001: 2015 STIkes
7. 01.OT/SOP tentang Pengendalian keadaan Darurat
8. 02.OT/SOP/AI tentang permintaan tindakan Koreksi
9. 03.OT/SOP/ AI tentang Pengendalian Jasa Pendidikan Tidak Sesuai
10. 04.OT/SOP/AI tentang RTM
11. 05.OT/SOP/AI tentang AMI
12. 06.OT/SOP/AI tentang Keluhan Pelanggan
13. 07.OT/SOP/AI tentang Penangan Gawad Darurat
14. 08.OT/SOP/AI tentang penilaian dan evaluasi dosen dan staf
15. 09.OT/SOP/AI tentang penyusunan dan perencanaan rencana strategi
16. 10.OT/SOP/AI tentang penyusunan Visi misi
17. 11.OT/SOP/ AI tentang pelaksanaan Raker
18. 12.OT/SOP/AI tentang Ketercapaian kontrol Dan Evaluasi VMTS
19. 13. OT/SOP/AI tentang Sosialisasi VMTS
20. 01. KIU/ SOP/AI tentang Perbaikan Barang Inventaris
21. 02.KIU/SOP/AI tentang Perbaikan sarana dan prasarana
22. 03.KIU/SOP/AI tentang Penyediaan dan peminjaman Inventaris
23. 04.KIU/SOP/AI tentang Penyusunan RAPBS
24. 05.KIU/SOP/AI tentang Manajemen Keuangan
25. 06.KIU/SOP/AI tentang pengadaan Barang dan Jasa
26. 07.KIU/SOP/AI tentang Penerimaan Tamu
27. 08.KIU/SOP/AI tentang Kerjasama
28. 09.KIU/SOP/AI tentang Keamanan dan Keselamatan Penggunaan Sarana prasarana
29. 10.KIU/SOP/AI tentang Security
30. 11.KIU/SOP/AI tentang Penghapusan Inventaris aset
31. 12.KIU/SOP/AI tentang Monitoring dan evaluasi keuangan
32. 02.AK/SOP/AI tentang Izin dan Cuti karyawan
33. 03.AK/SOP/AI tentang Pengangkatan dosen dan staf
34. 04. AK/SOP/AI tentang Kenaikan pangkat dosen dan staf
35. 05.AK/SOP/AI tentang Layanan NIDN
36. 06. AK/SOP/AI tentang Perekrutan Dosen dan staf
37. 07. AK/SOP/AI tentang Penengakan Displin
38. 08.AK/SOP/AI tentang Perjalanan dinas
39. 09.AK/SOP/AI tentang Pelatihan dosen dan staf
40. 10.AK/SOP/AI tentang Administrasi persuratan
41. 11. AK/SOP/AI tentang Penerimaan Mahasiswa Baru
42. 12. AK/SOP/AI tentang Promosi
43. 13. AK/SOP/AI tentang Pindah Home Base
44. 14. AK/SOP/AI tentang Studi Lanjut Dosen & Tenaga pendidik
45. 01.AK/SOP/AI tentang Penyusunan Kurikulum
46. 02.AK/SOP/AI tentang Pengembangan Kurikulum
47. 03.AK/SOP/AI tentang Penetapan Kalender Akademik
48. 04.AK/SOP/AI tentang Monitoring dan pelaksanaan Kurikulum
49. 05.AK/SOP/AI tentang Pengumuman Jadwal Perkuliahan
50. 06.AK/SOP/AI tentang Tugas dosen mengajar
51. 07.AK/SOP/AI tentang Penyusunan SAP
52. 08.AK/SOP/AI tentang Kontrak Perkuliahan
53. 09.AK/SOP/AI tentang Sarana prasarana PBM
54. 10.AK/SOP/AI tentang Kehadiran PBM
55. 11.AK/SOP/AI tentang Monitoring & Kehadiran Dosen
56. 12.AK/SOP/AI tentang Pengawasan Ketercapaian Materi perkuliahan
57. 13.AK/SOP/AI tentang Perkuliahan UAS dan Evaluasi
58. 14.AK/SOP/AI tentang Layanan Tugas Akhir Yudisium dan Wisuda
59. 15.AK/SOP/AI tentang Praktek Kerja Lapangan
60. 16.AK/SOP/AI tentang Pembuatan KTM Ijazah dan Transkrip
61. 17.AK/SOP/AI tentang Penerbitan Surat Peringatan Mahasiswa
62. 18.AK/SOP/AI tentang Bimbingan Akademik
63. 19.AK/SOP/AI tentang Kepuasan Pelanggan
64. 20.AK/SOP/AI tentang Cuti Akademik
65. 01.PNPM/SOP/AI tentang Pengajuan penelitian/Pkm
66. 02.PNPM/SOP/AI tentang Rekruitment Reviewer Penelitian/Pkm
67. 03.PNPM/SOP/AI tentang Monitoring dan Evaluasi Penelitian/Pkm
68. 04.PNPM/SOP/AI tentang Tindak Lanjut Hasil Penelitian.PKm
69. 05.PNPM/SOP/AI tentang Pelaporan Hasil Penelitian/Pkm
70. 06.PNPM/SOP/AI tentang Penelitian/PKM kerjasama dan Mandiri
71. 07.PNPM/SOP/AI tentang Open Journal System (OJS)
72. 08.PNPM/SOP/AI tentang Hak Kekayaan Intelektual
73. 01.LB/SOP/AI tentang Layanan Laboratorium
74. 02.LB/SOP/AI tentang Pembelian Alat dan Bahan Pratikum
75. 03.LB/SOP/AI tentang Pemakaian Laboratorium
76. 04.LB/SOP/AI tentang Pembuatan Jadwal Pemakaian Laboratorium
77. 01.PS/SOP/AI tentang perpustakaan
78. 01.P2K2/SOP/AI tentang Pendataan Alumni
79. 01.KM/SOP/AI tentang Program Kreavitas Mahasiswa
80. 02.KM/SOP/AI tentang Bimbingan Akademik
81. 03.KM/SOP/AI tentang Minat Bakat
82. 04. KM/SOP/AI tentang Pembinaan Soft Skill
83. 05.KM/SOP/AI tentang Pelayanan Beasiswa
84. 06.KM/SOP/AI tentang Pelayanan Kesehatan
85. 07.KM/SOP/AI tentang Bimbingan Konseling
86. 01.PUSKOM/SOP/AI tentang Penggunaan Puskom
LPPM
Struktur Organisasi LPPM STIKes Al Insyirah Pekanbaru
KETUA STIKES
KETUA LPPM
KEPALA BIDANG PENELITIAN
KEPALA BIDANG PENGABDIAN MASYARAKAT
KEPALA BIDANG PENGEMBANGAN INOVASI & KERJASAMA
PUSAT KAJIAN
DOSEN DAN MAHASISWA
Visi, Misi dan Tujuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Al-Insyirah Pekanbaru
Visi
“Menjadi lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul secara nasional dan global melalui pengembangan dan penerapan IPTEKS untuk meningkatkan kesehatan masyarakat tahun 2030”
Misi
Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan, maka misi yang akan diemban oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan kapasitas sumber daya insani dalam penelitian dan pengabdian masyarakat
- Meningkatkan jumlah dan mutu publikasi bertaraf nasional dan internasional
- Meningkatkan perolehan Kekayaan Intelektual
- Meningkatkan pembiayaan penelitian dan pengabdian masyarakat bersumber dari luar STIKes.
Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah :
- Menjadi organisasi yang efisien dan efektif.
- Mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi ilmiah, serta kekayaan intelektual
- Memperluas jaringan kemitraan.
- Mengelola proses penelitian yang akuntabel.