Hampir Semua Telah Bekerja, 33 Alumni STIKES Al-Insyirah Pekanbaru Diangkat Sumpah Profesi

Posted on: July 8, 2020, by :

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Al-Insyirah Pekanbaru menggelar Angkat Sumpah Profesi, Sabtu (4/7/2020).
Bertempat di Aula Al Insyirah yang berlokasi di Jalan Parit Indah ini, Angkat Sumpah Profesi ditujukan terhadap Ners dan Kesehatan Masyarakat.
Prosesi Angkat Sumpah sebanyak 33 mahasiswa itu berlangsung khidmat. Angkat Sumpah dipimpin oleh pimpinan organisasi profesi masing-masing.
Profesi ners dipimpin oleh Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Riau, H. Elia Tarigan, Amd.Kep., S.K.M. Profesi Kesehatan Masyarakat dipimpin oleh Ketua Pengda Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Riau, Dr. Nopriadi, S.K.M., M.Kes.
Prosesi terdiri dari pengucapan sumpah oleh peserta. Lalu penyematan pin. Terakhir peserta diberi buku pedoman profesi. Ketua STIKES Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S.Kep., M.Biomed mengungkapkan, prosesi ini adalah momen menyerahkan alumni kepada organisasi profesi mereka.
“Tugas kampus untuk mendidik mereka sudah selesai dan kita serahkan ke organisasi profesi,” kata Rifa. Menurut dia, mereka yang diangkat sumpah secara otomatis menjadi anggota organisasi profesi.
Rifa mengemukakan, angkat sumpah digelar setelah mahasiswa menyelesaikan Yudisium. Setelah angkat sumpah, mahasiswa akan diwisuda. Rifa menyebutkan, acara wisuda rencananya digelar secara daring pada 18 Juli 2020 nanti.
Menariknya, para jebolan STIKES Al-Insyirah ini tidak perlu lagi melamar kerja setelah wisuda. Rifa mengungkapkan, sebagian besar dari 33 orang itu telah bekerja sebelum diwisuda. “Hampir 90 persen sudah bekerja di berbagai tempat dan instansi,” kata Rifa.
Adapun mereka, papar Rifa, telah bekerja di RSUD Arifin Achmad, RS Petala Bumi, RSI Ibnu Sina dan RS Syafira. Ada juga yang telah bekerja di Kuantan Singingi. Ia menambahkan, semua program studi telah terakreditasi B dan alumni telah siap bekerja.
Rifa berpesan, alumni STIKES Al-Insyirah tetap menjaga nama baik almamater. “Dedikasikan ilmu yang didapat untuk kebaikan seperti STIKES Al-Insyirah yang berprinsip mendedikasikan ilmu,” katanya.
‎Prosesi angkat sumpah menerapkan Protokol Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Semua hadirin di dalam aula wajib mengenakan masker. Hadirin harus mencuci tangan sebelum masuk ke aula, dan dicheck temperaturnya dengan digital electric thermometer oleh panitia, serta duduk dengan tetap menerapkan physical distancing.
Rifa menyebutan, kampus telah mendapat izin protokol untuk mengadakan acara dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Sumber : https://pekanbaru.tribunnews.com/2020/07/06/hampir-semua-telah-bekerja-33-alumni-stikes-al-insyirah-pekanbaru-diangkat-sumpah-profesi.
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ilham Yafiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.