Upaya Tingkatkan Kualitas, Stikes Al-Insyirah Adakan RTM Dan RAKER

Posted on: November 3, 2018, by :

Pekanbaru, 30 Oktober 2018

PEKANBARU – Bertempat di Indrapura Ballroom, Grand Tjokro Hotel, 54 peserta dari civitas akademika Al-Insyirah menghadiri Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Rapat Kerja (Raker). Agenda terencana ini berlangsung pada 29 dan 30 Oktober 2018. Kamal Mahmudi, ST, MT, selaku pemandu acara, turut andil menyukseskan jalannya acara dari pembukaan pada Senin, 29 Oktober pukul 09.00 WIB, hingga penutupan pada Selasa, 30 Oktober 2018.

Pembukaan acara diawali dengan pembacaan ayat suci QS. ‘Ali Imran: 103 dan QS. Al-Insyirah oleh Fitra Yani, SE.  Disusul kemudian Pembukaan secara resmi Acara RTM dan Raker oleh Ketua STIKes Al-Insyirah Dr.Ns.Hj.Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed. Dalam kata sambutannya, Ketua STIKes menyampaikan pesan kepada peserta agar memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang tersedia selama 2 hari untuk kupas tuntas permasalahan yang ada dan mengusulkan ide-ide terbaik demi kemajuan instansi.  Raker ini adalah yang pertama ditaja oleh STIKes Al-Insyirah sejak resmi menyandang sertifikat ISO 9001 : 2015, adapun RTM kali ini adalah yang kedua setelah RTM I April 2018 lalu.

Dalam session pemaparan,  Ketua STIKes menyampaikan bahwa Raker I ini diselenggarakan untuk memperoleh input timbal balik terkait tridharma perguruan tinggi dengan jelas dan terukur. Disamping itu, Raker I ini bertujuan untuk memperoleh input timbal balik terkait dosen dan karyawan, memperoleh data terkait informasi pengembangan institusi, dan adanya komunikasi terbuka dari semua unit, serta ditemukannya peluang-peluang pengembangan institusi.

Seusai Ketua STIKes memaparkan tujuan-tujuan tersebut dan capaian-capaian yang telah STIKes Al-Insyirah raih selama kurang lebih 1 tahun terakhir, silih berganti wakil-wakil ketua menyampaikan pemaparan hasil dan kinerja yang telah diraih sesuai dengan bidangnya masing-masing. Wakil Ketua I, Riski Novera Yenita, MKL memaparkan tentang capaian dan kinerja bidang akademik dan kerjasama antar institusi pendidikan, lalu disambung oleh Wakil Ketua III, Ns. Suci Amin, S.Kep, MMR tentang kinerja bidang kemahasiswaan dan tracer studies, lalu ditutup dengan pemaparan dari Wakil Ketua II, Albirruni Siregar, Lc, dalam bidang Keuangan dan Sarana-Prasarana.

Sebelum menginjak session rapat pleno, shahibul hajat, Ns. Muhammad Firdaus, S.Kep, MMR, selaku ketua LPMPT sekaligus Sekretaris ISO untuk STIKes Al-Insyirah, mengingatkan kembali akan pentingnya STIKes Al-Insyirah berpedoman pada ketentuan ISO 9001 : 2015 agar tujuan dan capaian dari cita-cita STIKes Al-Insyirah dalam mewujudkan visi dan misi lebih terarah dan manageable. Oleh karena itu, sudah menjadi kebutuhan bagi STIKes untuk mengadakan rapat tinjauan manajemen ini setidaknya sekali dalam satu semester atau dua kali dalam setahun.

Tepat setelah coffee break dan shalat ashar, agenda dilanjutkan dengan rapat pleno, dimana Firdaus membagi peserta menjadi tiga divisi: Divisi I Akademik, Divisi II  Keuangan dan Sarana Prasarana, dan Divisi III Kemahasiswaan. Masing-masing divisi menyelenggarakan rapat di ruang rapat berbeda. Divisi I di ruang Inhil, Divisi II di ruang Kampar, sedangkan Divisi III di ruang Pelalawan.  Session rapat pleno ini berlangsung hingga pukul 22.00 WIB.

Pada hari kedua, masing-masing divisi mempresentasikan hasil rapat pleno di hadapan seluruh peserta yang hadir. Divisi I diwakili oleh Rino Ferdiyan Surakusumah, ST,M.Eng, dosen prodi Teknologi Rekayasa Elektromedik, Divisi II diwakili oleh Rendi Randika, SE, MM, Ka.Biro Keuangan, Inventaris dan Umum, dan Divisi III diwakili oleh Rohmi Fadhli, S.Kep, M.Kep.

Setelah masing-masing perwakilan Divisi memaparkan hasil rapat pleno, dibuka session tanya jawab serta masukan serta saran dari jumhur peserta rapat.

Di session penutupan, Ketua STIKes menyampaikan poin-poin konklusi dari RTM II dan Rapat Kerja  yang telah berjalan dengan baik. Ia mengingatkan betapa pentingnya Ke-Al-Insyirahan sebagai penciri  STIKes Al-Insyirah, hendaknya segera dibentuk tim untuk bersinergi menyusun semacam modul atau buku bahan ajar Ke-Al-Insyirahan.

Selain itu, Ketua juga menyampaikan esensialnya exit-exam yang recommended untuk direalisasikan menjelang kelulusan mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap pakai.

Di samping itu, ia mengingatkan kembali, hendaknya seluruh dosen dan karyawan memberikan pelayanan terbaik terhadap mahasiswa, karena kepuasan anak didik adalah parameter terpenting dari berkualitasnya institusi pendidikan.

Di akhir kalam, Ketua me-remind bahwa keuangan adalah penguat institusi, akademik ialah jantungnya institusi, dan mahasiswa adalah mobile-nya institusi.

Sebelum resmi menutup acara, Ketua mengingatkan peserta untuk untuk segera do action menggarap Rencana Tindak Lanjut (RTL). (abs)

 

Foto Selama Kegiatan Berlangsung

 

Foto Devisi I Akademik

 

Foto Devisi II Keuangan, Inventaris Dan Umum

 

Divisi III Kemahasiswaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.