Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Posted on: May 19, 2018, by :

Ketua Stikes Al-Insyirah Dr. Ns. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed (empat dari kiri) berfoto bersama dengan Ketua DPRD Riau Dra. Hj. Septina Primawati Rusli, MM (empat dari kanan) dan sejumlah perwakilan Dinas dan instansi Se-Kota Pekanbaru dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, Sabtu (12/5/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Al-Insyirah Pekanbaru menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat, Sabtu (12/5/2018).

Kegiatan rutin yang memasuki pelaksanaan tahun ke-10 ini digelar di area lapangan kampus di Jalan Parit Indah Pekanbaru.

Laporan Tribunpekanbaru.com, tahun ini Pengabdian Masyarakat Stikes Al-Insyirah mengambil tema ‘Gerakan Masyarakat Sehat Melalui Lintas Institusional’.

Adapun sasaran dari kegiatan ini sendiri adalah masyarakat di sekitar lingkungan kampus, yakni di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

Setidaknya ada beberapa posko kesehatan yang disediakan khusus untuk melayani masyarakat di hari tersebut.

Diantaranya posko pemeriksaan bayi dan balita, posko kesehatan reproduksi remaja, posko kesehatan lansia, posko pelayanan Keluarga Berencana (KB), posko pemeriksaan kesehatan ibu hamil, dan lain-lain.

Ketua Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Dr. Ns. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed menjelaskan, pelaksanaan Pengabdian Masyarakat di tahun ini, pihaknya mencoba melakukan improvisasi dan inovasi.

Di mana kegiatan dipusatkan di lingkungan kampus. Masyarakat sekitar diajak untuk berpartisipasi dalam menciptakan keluarga yang sehat.

“Kegiatan ini juga bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Selain pendidikan, pengajaran, dan penelitian, STIKes Al-Insyirah juga dituntut untuk memberi kontribusi nyata untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat,” sahut Rifa.

Selain itu, Rifa mengatakan, kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap program pemerintah, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Jadi selain berkontribusi besar terhadap pengembangan kampus sendiri, melalui kegiatan ini kita juga ingin membangun kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat demi peningkatan kualitas hidup,” paparnya.

Rifa menambahkan, dari tahun ke tahun, kegiatan Pengabdian Masyarakat Stikes Al-Insyirah, grafiknya mengalami perkembangan yang signifikan.

“Tahun sebelumnya tercatat ada sekitar 70 persen dosen yang berkontribusi dalam penerapan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat. Namun pada tahun ini mencapai 85 persen, hampir seluruh dosen,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah mahasiswa reguler 1 dan 2 Stikes Al-Insyirah total mencapai 525 orang.

Mereka terbagi dalam 4 program studi, antara lain D IV Kebidanan (akreditasi B), S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, dan Profesi Ners.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Riau Dra. Hj. Septina Primawati Rusli, MM yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, dirinya menyambut baik kegiatan Pengabdian Masyarakat yang digelar Stikes Al-Insyirah ini.

“Saya menyambut baik terhadap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti ini. Hari ini Stikes Al-Insyirah mengundang masyarakat sekitar kampus untuk diberi pelayanan kesehatan, sesuai prodi yang ada di sini,” ungkapnya.

Dirinya ingin, kegiatan Pengabdian Masyarakat Stikes Al-Insyirah ini nantinya bisa juga menyentuh Kabupaten/Kota lain di Riau, tidak hanya sebatas di Pekanbaru saja.

Karena menurut Septina, masyarakat Riau sangat membutuhkan kegiatan positif semacam ini.

Lanjut dia, Stikes Al-Insyirah yang secara kelembagaan sudah terakreditasi C. Ke depan dia berharap, akreditasi ini bisa ditingkatkan.

“Unsur belajar mengajarnya juga harus lebih diperhatikan. Misalnya secara fasilitasnya bisa lebih dilengkapi,” tutup dia.

Selain Septina, dalam kegiatan ini turut hadir perwakilan dari sejumlah Dinas dan instansi di Pekanbaru.

Diantaranya Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Puskesmas Simpang Tiga, tokoh masyarakat serta Ketua RT dan RW setempat. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.