Sejarah

Pendidikan tenaga kesehatan sebagai bagian integral dari pembangunan kesehatan, merupakan salah satu elemen yang penting dalam menunjang terwujudnya visi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan. Karenanya ditetapkan visi pendidikan tenaga kesehatan yaitu dihasilkannya tenaga kesehatan yang profesional sesuai dengan kebutuhan program pelayanan kesehatan dan menuju masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Misi pendidikan tenaga kesehatan untuk mewujudkan visi tersebut adalah meningkatkan mutu lulusan, meningkatkan mutu institusi pendidikan tenaga kesehatan, termasuk pendidikan tenaga kesehatan yang didirikan dan diselenggarakan oleh pihak masyarakat, serta meningkatkan kemitraan dan kemandirian institusi, pemerintah, masyarakat termasuk swasta. Perwujudan misi ini perlu sejalan dengan kondisi nyata perkembangan internasional antara lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pemberlakuan pasar bebas, maka tujuan pendidikan tenaga kesehatan diarahkan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, dan berdaya saing yang jumlah dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dalam tatanan pelayanan kesehatan di tingkat nasional dan global.

Penyediaan tenaga kesehatan juga perlu didasarkan atas proyeksi kebutuhan tenaga tersebut yang sejalan dengan tuntutan dan permintaan pasar serta perkembangan epidemiologi penyakit dan perubahan demografi. Transisi demografi dan epidemiologi penyakit telah mendorong perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat dan perubahan ini sudah barang tentu mendorong perkembangan teknologi kesehatan/kedokteran terutama dalam bidang instrumentasi diagnostik, terapi, dan rehabilitasi medis. Sejalan dengan hal tersebut maka keberadaan tenaga kesehatan  sangat strategis dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Al-Insyirah Pekanbaru sebagai institusi pendidikan yang peduli dengan pengembangan SDM Kesehatan merasa terpanggil untuk melahirkan Lulusan yang profesional yang dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Riau khususnya dan di Indonesia pada umumnya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

STIKES Al-Insyirah Pekanbaru berdiri sejak Oktober 2009 yang diperkuat oleh SK. MENDIKNAS RI NO. 161/D/0/2009. STIKES ini didasari oleh cita-cita yang jelas, dijalankan secara sistematis, pemahaman akan pentingnya keberadaan sumber daya manusia di bidang kesehatan, dan selalu berusaha memenuhi tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi. STIKES Al-Inyirah berdiri dengan tiga Program Studi unggulan, yaitu DIV Bidan Pendidik, S1 Ilmu Keperawatan dan S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Tujuan STIKES Al-Insyirah Pekanbaru adalah menghasilkan lulusan dan tenaga kesehatan berkarakter Iman dan Taqwa, yang professional, cakap, tanggap, mandiri dan mampu mengaplikasikan ilmu serta berorientasi di lingkungan masyarakat. Hal ini tentu tidak mudah untuk dicapai, tapi dengan sejumlah besar program-program yang telah dan akan disusun, tentu membuat langkah menjadi lebih ringan. Dalam waktu dekat, beberapa program studi akan segera berdiri sebagai bentuk kepedulian dari banyak harapan masyarakat.

Dewasa ini, dengan semakin banyaknya lulusan di bidang kesehatan, membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Komitmen tak tergoyahkan STIKES Al-Insyirah untuk menciptakan dan mempertahankan system pendidikan terbaik telah mendorong sekolah tinggi ini untuk menetapkan standar yang lebih baik. Hal ini menarik perhatian banyak kalangan yang akhirnya berbuah pada upaya kerjasama. Beberapa kerjasama dalam rangka memperkuat dan memperluas jaringan STIKES Al-Insyirah ke depan telah terjalin dengan baik.

STIKES Al-Insyirah memiliki berbagai sarana dan prasarana yang memadai sebagai modal pendukung keberlangsungan proses belajar mengajar. Disamping itu, staff pengajar yang professional dan mumpuni di berbagai lingkup bidang ilmu merupakan asset besar bagi STIKES Al-Insyirah dalam menjawab tantangan dan perkembangan dunia ke depan.

Dari berbagai kekuatan yang ada, STIKES Al-Insyirah telah secara progresif tumbuh menjadi lembaga pendidikan yang kini siap berada di garis depan kemanusiaan dan peradaban dengan menyeimbangkan nilai-nilai moral dan agama dengan kemampuan akademik.

Yayasan Pendidikan Al-Insyirah Pekanbaru dibentuk melalui Akta Notaris Yandri Sarjana Hukum Nomor 03 tahun 2009. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan  Al-Insyirah Nomor : 01/YPI/2009, berkat rahmat Allah SWT dan sadar akan tanggung jawab untuk menyukseskan pembangunan nasional melalui sektor pendidikan, maka pada tanggal 1 Oktober tahun 2009, didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Al-Insyirah Pekanbaru yang disingkat sebagai STIKes Al-Insyirah.  Sekolah ini dikukuhkan melalui izin Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16/D/O/2009.

Pengembangan STIKes Al-Insyirah tidak lepas dari budaya yang berlaku di Daerah Riau khususnya Pekanbaru yang memiliki kewenangan kebudayaan, yaitu memelihara dan mengembangkan hasil cipta, rasa, karsa, dan karya yang berupa nilai-nilai, pengetahuan, norma, adat istiadat, benda, seni, dan tradisi luhur yang mengakar dalam masyarakat Melayu Riau yang Islami. Untuk itu STIKes Al-Insyirah  berkomitmen melestarikan dan mengembangkan kebudayaan yang telah mengakar dalam masyarakat Riau. Oleh karena itu, STIKes Al-Insyirah sebagai warga Riau sudah selayaknya berpartisipasi aktif dalam menggali, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan, pendidikan, kesehatan dan pariwisata dengan tidak menanggalkan ciri khas Riau yang beraqidah Islam bersumber pada Al-qur’an dan As-sunnah serta berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Nilai Dasar STIKes Al-Insyirah :

1 Beriman dan bertaqwa
2 Jujur, adil berintegritas dan santun.
3 Bermutu, inovatif, dinamis dan efisien.
4 Mandiri dan bertanggungjawab
5 Berpikir terbuka dan berwawasan global

Prinsip Dasar STIKES AL-INSYIRAH

1 Aktualisasi nilai-nilai keagamaan dan Pancasila dalam kehidupan akademik
2 Keuniversalan dan keobyektifan ilmu pengetahuan dalam mencapai Kenya­taan dan kebenaran
3 Kebebasan akademik yang dilaksanakan dengan hikmah dan bertanggung jawab
4 Keadaban, kemanfaatan, kebahagiaan, kemanusiaan, dan kesejahteraan
5 LAMBANG, BENDERA DAN LAGU STIKES AL-INSYIRAH

Lambang STIKES AL-INSYIRAH terdiri atas:

1 Satu lingkaran biru dilingkari garis berwarna hitam.
2 Tulisan STIKES AL-INSYIRAH berwarna kuning melingkar sesuai dengan garis di luarnya.
3 Buku posisi terbuka berwarna putih.
4 Satu tangkai padi berwarna kuning dan kapas dengan warna hijau
5 Bintang dan bulan sabit berwarna kuning

Arti Lambang :

  1. Satu lingkaran biru dilingkari garis berwarna hitam melambangkan kebulatan tekad untuk maju dan berkembang sesuai dengan kemampuan.
  2. Tulisan SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN AL-INSYIRAH berwarna kuning melingkar sesuai dengan garis di luarnya.
  3. Buku posisi terbuka berwarna putih melmbangkan bahwa STIKES AL-INSYIRAH objektif dan senantiasa terbuka dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
  4. Satu tangkai padi berwarna kuning dan kapas dengan warna hijau melambangkan harapan kemakmuran sandang pangan bangsa Indonesia
  5. Bintang dan bulan sabit berwarna kuning melambangkan kesimbangan STIKES AL-INSYIRAH dalam mengembangkan amanat untuk berda’wah Islamiyah amar ma’ruf nahi mungkar yang selaras dengan falsafah Pancasila.

Bendera STIKES AL-INSYIRAH

Bendera STIKES AL-INSYIRAH berwarna Biru Tua yang ditengah-tengahnya terdapat lambang STIKES AL-INSYIRAH.

Bendera Program Studi pada prinsipnya sama dengan bendera STIKES AL-INSYIRAH, kecuali nama STIKES AL-INSYIRAH dilengkapi dengan nama Program Studi.

Warna dasar bendera Program Studi :

Program Studi Kesehatan Masyarakat : Violet/Ungu

Program Studi DIV Bidan Pendidik : Biru Muda

April 2018, Program Studi DIV Bidan Pendidik menjadi DIV Kebidanan,

Program Studi Keperawatan dan Ners : Hijau

 

Lagu STIKES AL-INSYIRAH

 HYMNE STIKES AL-INSYIRAH yang diperdengarkan setiap upacara resmi STIKES AL-INSYIRAH:

MARS STIKES  AL-INSYIRAH yang diperdengarkan pada acara-acara resmi STIKES AL-INSYIRAH dan acara-acara resmi kemahasiswaan.