Prodi Kesmas STIKes Al Insyirah Taja Pelatihan Desain Infografis

Posted on: May 27, 2019, by :

PEKANBARU – STIKes Alinsyirah Pekanbaru melalui Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan acara “Pelatihan Desain Infografis Menggunakan Power Point” pada hari Sabtu (25/5/2019) di Ruang Pertemuan, Gedung Utama STIKes Al Insyirah Pekanbaru, Jl. Parit Indah No. 38 Pekanbaru. Pelatihan Desain Infografis Menggunakan Microsoft Power Point ini merupakan pelatihan yang memberikan edukasi tentang infografik, mulai dari pembahasan tentang infografik hingga praktik langsung membuat infografik yang menarik untuk dibaca dan di-broadcast dengan mengandalkan Microsoft Power Point yang akrab digunakan sehari-hari. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan bonus kepada peserta berupa “Cara Praktis Membuat Barcode QR”.

Pelatihan Desain Infografis Menggunakan Microsoft Power Point ini menghadirkan Rino Ferdian Surakusumah, S.T.,M.Eng sebagai pemateri. Untuk diketahui Rino Ferdian Surakusumah saat ini menjabat sebagai Kaprodi Teknologi Rekayasa Elektro-Medis (TREM) STIKes Al Insyirah Pekanbaru, juga merupakan Direktur PT Medika Karya Nusantara. Pemateri berpengalaman membuat berbagai macam infografik, di antaranya untuk Panitia Pemilihan Luar Negri (PPLN) tahun 2014 di Johor Bahru, Kelompok Kerja Nasional Komersialisasi Teknologi Indonesia, Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan , dan beberapa bidang lainnya.

Dengan tingginya kebutuhan penyampaian informasi dalam bentuk yang praktis dan mudah dipahami, maka infografis menjadi “primadona” saat ini. Sehingga banyak pelatihan serupa yang dihadirkan di luar namun dengan biaya yang fantastis. Ini lah yang menginspirasi Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat untuk memfasilitasi mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru terutama dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Hal  ini disampaikan oleh ketua panitia kegiatan Rika Puspa Ayu,S.Psi,MM. : “Kami berusaha memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa kami untuk mendapatkan materi pelatihan yang sama namun terjangkau, sehingga peserta didik kami nantinya memiliki kualitas desain infografis yang berkualitas dan dapat mengintegrasikannya dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang telah didapat selama perkuliahan. Kegiatan ini juga kami laksanakan memang tidak lepas dari dukungan penuh STIKes, terutama diharapkan kegiatan ini dapat mengisi waktu mahasiswa di bulan Ramadhan dengan hal positif“. Dalam waktu yang bersamaan, Ketua STIKes Alinsyirah Pekanbaru Dr.Ns.Hj.Rifa Yanti,S.Kep,M.Biomed menyampaikan kata sambutannya dalam pembukaan acara tersebut : “Kegiatan ini sangat bagus dan kreatif terutama karena belum pernah diadakan sebelumnya di STIKes, sehingga kami mengharapkan kegiatan ini tidak terhenti hanya sampai di sini di lingkungan internal, barangkali  juga dapat diekspansikan ke eksternal sehingga bisa memberikan kontribusi positif untuk semua pihak “. Ketua STIKes juga menyampaikan harapannya agar peserta yang tidak hanya mahasiswa Kesmas  namun juga dari umum yang berjumlah 46 peserta ini dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari pemateri.

Salah satu peserta, Suci Amin, berkomentar bahwa pelatihan ini sangat menginspirasi dan berharap ke depannya dapat diadakan kembali dengan durasi yang lebih panjang, peserta yang lebih banyak namun dibatasi per sesi . Senada dengan hal ini pemateri juga mengungkapkan ke depannya dapat dibatasi peserta per sesi misalnya per 20 peserta, sehingga lebih fokus, mengingat antusiasme peserta selama pelatihan menyimak, bertanya dan langsung mempraktekkan fitur, tips dan trik yang disampaikan hari ini. Namun secara keseluruhan pemateri menilai penyelenggara telah baik dalam mengatur kegiatan dan fasilitas yang diperlukan. Akhir kata, pemateri berharap semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi peserta untuk diaplikasikan dalam aktivitas atau profesinya, dan semoga dapat dikemas lebih baik lagi agar dapat diselenggarakan lebih banyak lagi untuk masyarakat di luar kampus. (rpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.