PENGABMAS KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI TK AL-QINDI 1 KELURAHAN PESISIR KECAMATAN LIMA PULUH KOTA PEKANBARU

Posted on: May 22, 2018, by :
Karies dan gigi berlubang merupakan gangguan kesehatan gigi yang paling umum dan tersebar luas di sebagian penduduk dunia. Timbulnya karies gigi antara lain karena kurangnya perhatian kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Plak merupakan penyebab awal terjadinya karies, oleh karena itu setelah kita makan kita harus menghilangkan plak dengan cara gosok gigi. Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi, jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya, dan bahkan kematian.
Sulit bagi anak-anak terutama yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi orangtuanya untuk mengingatkan menjaga kebersihan mulut dan gigi pada anak-anak mereka. Anak-anak akan lebih mudah menjalankan sesuatu bila itu diajarkan di sekolahnya,  oleh karena itu kami membentuk tim pengabdian masyarakat kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Prodi Kesehatan Masarakat STIKes Al-Inyirah Pekanbaru yang terdiri dari Bapak Ade Pulasta Siprana, SKM, MKL, Ibu Rika Mianna, SKM, M. Kes, Nur Azima, Erma Yulis, Siti Amrah, Kasmadevi dan Saputra Hadi Wijaya, untuk turun ke taman kanak-kanak memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, demontrasi dan pendampingan gosok gigi.  
Adapun TK yang kami pilih yaitu TK AL-Qindi 1 yang terletak di Kelurahan Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru dengan jumlah siswa/i sebanyak 36 Siswa/i.
Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada tanggal 25 Mei 2016, dimulai jam 08.00 s/d 10.30 WIB. Tim disambut hangat oleh kepala sekolah dan para guru, anak-anak disuruh berkumpul di ruang tengah, kecerian terpancar diwajah anak-anak tersebut, mereka sudah memegang sikat gigi dan odol masing-masing ditangannya, tim bergerak cepat memasang spanduk dan mengatur infokus dan sound sistem yang ada di TK tersebut, kemudian acarapun dibuka.
Kegiatan penyuluhan dilakukan secara tutorial dan diskusi mengenai manfaat dan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah terjadinya Karies gigi, timbulnya karang gigi dan gangguan gigi berlubang, selain itu juga dilakukan pemutaran vidio cara gosok gigi yang benar. Melalui penyuluhan diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Kegiatan demonstrasi dan pendampingan dilakukan dengan mengajarkan dan mempraktekkan cara menyikat gigi dengan benar,  selanjutnya diadakan door prize, anak-anak sangat gembira dan bersemangat menjawab pertanyaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian makanan ringan pada anak-anak, dan diakhiri dengan kegiatan foto bersama.
Alhamduliiah kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan. Kepala sekolah dan para guru turut membantu kesuksesan kegiatan ini. Terima kasih atas kerjasama yang baik tim pengabmas Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Al-Insyirah Pekanabru dan TK Al-Qindi 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.