Pelatihan Preceptorship-Mentorship & Seminar Kebidanan Komplementer

Posted on: January 26, 2019, by :

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Al-Insyirah Pekanbaru menggelar kegiatan pelatihan Preceptorship-Mentorship dan Seminar Kebidanan Komplementer, Senin (14/1/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan hingga 25 Januari 2019 mendatang ini, dilaksanakan di Prime Park Hotel Pekanbaru.

Ketua Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan demi meningkatkan kompetensi para mahasiswa, khususnya kebidanan.

“Sehingga lulusan kita bukan hanya menerima ijazah saja, tapi ada pendamping kompetensi dalam melengkapi kelulusan mahasiswa. Yakni mahasiswa dibekali dengan berbagai ilmu evidence based kebidanan, dengan mendatangkan narasumber berkompeten dan mumpuni,” ujarnya.

Pelatihan dan seminar ini kata Rifa, digelar dengan tujuan tersendiri.

Dibeberkannya, untuk pelatihan Perceptorship – Mentorship, bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar mampu mengimplementasikan keterampilan dan skil dalam membimbing serta menerapkan praktik di lapangan.

Sedangkan dengan Seminar Kebidanan berbasis Komplementer, diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas mahasiswa kebidanan sesuai bidang ilmu.

“Karena perkembangan ilmu di kebidanan dewasa ini sudah cukup modern dan canggih. Jadi kita rasa harus ada beberapa penguatan baik teori dan model yang harus kita bekali untuk mahasiswa,” ungkapnya.

Lanjut Rifa, para mahasiswa diharapkan dapat lebih aktif dan proaktif, baik internal di kelas dan lingkungan kampus, maupun di luar kampus. Kemudian mahasiswa dituntut dapat menyeimbangan antara teoritis dengan praktik.

“Dengan begini kita ingin mahasiswa kita punya kemandirian di lapangan, bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan. Sehingga saat bersentuhan dengan pasien, masyarakat, membantu persalinan, mereka bisa lebih percaya diri,” paparnya.

Ditambahkan Rifa, kegiatan pelatihan dan seminar semisal ini akan dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Tahun ini merupakan tahun keempat dalam pelaksanaannya.

Sementara terpisah, Ketua panitia pelaksana kegiatan Wira Ekdeni Aifa, SST, M.Kes menuturkan, peserta dalam kegiatan yang ditaja Stikes Al-Insyirah ini datang hampir dari seluruh Kabupaten/Kota di Riau. Jumlah keseluruhan pesertanya mencapai 250-an orang lebih.

“Pelatihan ini dilaksanakan karena melihat pentingnya peranan Klinikal Instruktur dalam tataran praktik, mulai dari tatanan laboratorium, sampai pada tatanan klinik atau lapangan,” sebutnya.

Kemudian diungkapkan Wira, ada tiga orang pakar yang didapuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Diantaranya Moh. Afandi, S.Kep, Ns, MAN, Dr. Melyana Nurul Widyawati, SSIT, M.Kes, serta J.M Metha, M.Med.Ed.

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.