Kegiatan Rapat Pimpinan Wilayah 1 Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

Posted on: December 17, 2018, by :

Jambi, 17-22 November 2018.
Acara Ini diwakilI oleh 3 orang mahasiswi Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Al-Insyirah Pekanbaru Annisah Adillah Putri , Egi Anandika, dan Rohimah Assadiyah.
Acara dimulai pada Sabtu, 17 November 2018. Seluruh delegasi dari setiap institusi Kesehatan Masyarakat se-Sumatera hadir. Selepas sholat isya’, seluruh delegasi berkumpul di Aula MAN Model Jambi untuk memasuki Agenda Pertama yaitu Opening ceremony yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Universitas Jambi, di mana acara Rapat Pimpinan Wilayah I kali ini mengusung tema ” Profesional dalam Hati, Melayani dengan Tegas”. Rapat Pimpinan Wilayah I kali ini dihadiri oleh sekitar 60 orang peserta yang berasal dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, dan Sumatera Bagian Selatan.

18 November 2018, acara hari kedua, Seminar Nasional mengenai ” Urgensi Uji Kompetensi Kesmas menuju Profesi” Acara Ini dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana. Kata sambutan dari perwakilan BEM FKM Unja, Kata sambutan dari Koordinator wilayah 1 ISMKMI Egi Anandika dari STIKes Al-insyirah, Kata sambutan dari Sekretaris Jendral ISMKMI, dan perwakilan dari Universitas Jambi.
Selanjutnya acara seminar nasional dimulai dengan moderator Ikram Rifqi alumni FKM Universitas Hasanudin Makassar serta pemateri yaitu Sekjen IAKMI Pusat dan dari MTKP Provinsi Jambi. Seluruh peserta seminar sangat antusias mengikuti jalannya acara seminar tersebut.
Usai acara seminar, seluruh delegasi mengikuti kegiatan Upgrading untuk menguatkan silaturahmi dan kekompakan seluruh peserta rapimwil serta selanjutnya dilanjutkan dengan ITOPH yang disampaikan oleh Ahmad Tohari Alumni FKM UNSRI dan petang harinya, agenda pembahasan mengenai AD/ART/GBHO/PTO .

19 November 2018 dilanjutkan dengan ITOPH
dengan pemateri:
1. Andi Ikram (Demisioner Sekjen ISMKMI 2015-2017 dari Universitas Hasanudin)
2. Abdul Latif Mustofa (Sekjen ISMKMI 2017-2019 dari STIKes Hangtuah)
3. Egi Anandika (Koordinator Wilayah1 ISMKMI 2018-2019 dari STIKes Al-Insyirah Pekanbaru)
4. Febryan Antoni (Wakorwil 1 ISMKMI 2018-2019 dari Universitas Jambi)

Adapun materi yang disampaikan oleh Egi Anandika selaku perwakilan dari STIKes Al-Insyirah Pekanbaru yaitu mengenai Kepemimpinan, serta bagaimana menjadi pemimpin yang baik terhadap bawahannya serta bagaimana menghadapi suatu permasalahan di sebuah organisasi

Acara dilanjutkan dengan sidang Pleno. Pada saat pemiliahan Presidium tetap, didapatkan beberapa perwakilan calon yaitu tirta dari UIN sumatera Utara, Bayu dari STIKes Ford de kock Bukit Tinggi, Fauzan dari Universitas Jambi dan Rohimah dari STIKes Al-insyirah Pekanbaru.
Akhirnya berdasarkan pemilihan forum terpilihlah
– Presidium tetap 1 : Fauzan dari Universitas Jambi
– Presidium tetap 2 : Tirta dari UIN Sumatera Utara
-Presidium tetap 3 : Rohimah dari STIKes Al-Insyirah Pekanbaru

Sidang pleno dilanjutkan dengan pemaparan setiap divisi dan daerah. Perwakilan dari STIKes Al-Insyirah yang melakukan pelaporan yaitu Egi Anandika, melaporkan mengenai wilayah I secara keseluruhan kepada forum serta perkembangan apa saja yang sudah dilakukan selama setengah periode kepengurusan yang telah dilakukan. Annisah Adillah melaporkan tentang administrasi ISMKMI wilayah I. Setelah sidang dilanjutkan beberapa hari dan menghasilkan beberapa rekomendasi yang diserahkan oleh Julian Sara selaku Dewan Pengawas Nasional kepada Egi Anandika selaku Korwil I ISMKMI.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan closing ceremony dan keesokan harinya acara dilanjutkan dengan city tour ke Candi Muaro Jambi, Museum Siginjai Jambi, Tempat oleh-oleh khas Jambi, Masjid Seribu Tiang Jambi dan berakhir di Jembatan Gentala Arasy. (egi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.