Dosen Kesehatan Masyarakat STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Rini Harianti, S.Si, M.Si, Raih Gelar Doktor dari Institut Pertanian Bogor ( IPB).

Posted on: December 20, 2018, by :

BOGOR – Dr. Rini Harianti, S.Si, M.Si, salah satu dosen tetap Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, sukses menuntaskan studi doktoralnya di Program Studi Ilmu Gizi, Sekolah Pascasarjana, IPB dalam tempo 3 tahun 4 bulan.
Kesuksesan dalam meraih gelar Doktor ini puncaknya dilaksanakan pada Sidang Promosi Terbuka Program Doktor yang berlangsung pada hari Selasa, 18 Desember 2018 pukul 09.00-10.30 WIB di Ruang Sidang Fakultas Pertanian, IPB, dengan memaparkan hasil penelitian dan beberapa kebaharuan. Prosesi sidang berlangsung khidmat dan lancar dengan dihadiri oleh mahasiswa Pascasarjana IPB dan tamu undangan. Turut hadir dalam sidang tersebut, Ketua STIKes Al-Insyirah, Pekanbaru, Ibu Dr. Ns. Hj. RIfa Yanti, S.Kep, M.Biomed. dan Sekretaris Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, Ibu Riska Epina Hayu, MPH.
Sidang terbuka ini dihadiri oleh Komisi Pembimbing yang terdiri dari Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, M.Si, Dr. Drs. Rimbawan, dan Prof. Dr. Ir. Dadang Sukandar, M.Sc, serta Penguji Luar Komisi, yaitu Ibu Dr. Fitrah Ernawati, M.Sc (Peneliti Madya di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI) dan Bapak Dr. Ir. Hadi Riyadi, MS (Dosen Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), IPB).
Promovenda telah berhasil mempertahankan hasil disertasinya yang berjudul “Intervensi Roti Kering yang Diperkaya dengan Minyak Sawit Merah untuk Pencegahan Risiko Aterosklerosis Pada Pria Dewasa Dislipidemia” dan menyampaikan beberapa kebaharuan dari hasil penelitiannya, yaitu produk roti kering dengan minyak sawit merah dapat diterima secara organoleptik sebagai makanan selingan yang tinggi betakaroten dan dapat mencegah terjadinya risiko aterosklerosis pada pria dewasa dislipidemia melalui biomarker profil lipid, aktivitas enzim superoksida dismutase (SOD), Malondialdehida (MDA), LDL-teroksidasi dan beta karoten serum.
Selamat dan sukses untuk Ibu Dr. Rini Harianti, S.Si, M.Si atas perjuangan dan prestasi yang telah diraih, segenap pimpinan, dosen dan civitas akademika STIKes Al-Insyirah Pekanbaru menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kesuksesan ini. Semoga ilmu yang telah dicapai dapat memberikan manfaat untuk kemajuan STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, peserta didik, serta masyarakat luas pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.